Lama tidak menampakkan diri di layar kaca, Ayu Azhari kini sedang gencar mempromosikan kain tenun Nusa Tenggara Timur (NTT) ke beragam pameran budaya bergengsi di Eropa. Hal ini sudah dilakukannya cukup lama dan tentunya membanggakan untuk kali ini kita bahas mengingat berita sebelumnya cukup kurang mengenakan karena kebatalan pernikahan Ayu Ting Ting. Maklum saja, kain tenun jadi anggota yang tak terpisahkan di dalam keseharian Ayu Azhari sejak sebagian tahun lalu.

”Saya sendiri punyai wujud kepedulian tersendiri soal tenunan ini. Saat tenunan tempat NTT jadi berita nasional sejak satu dekade lalu, aku turut dan juga mempromosikan sampai ke kota-kota mutlak di manca negara,” ungkap Ayu Azhari berbicara di Webinar Exotic Tenun Fest 22-24 Maret di Kupang NTT, bersama dengan Julie Sutrisno Laisodat, istri Gubernur NTT Dr. Victor Laiskodat dan Ricky perwakilan Bank Indonesia,”

“Salah satunya di dalam tour dan diplomasi budaya ke London di mana aku mempromosikan ciri khas tenunan daerah,” lanjut Ayu Azhari. Tema yang diusung di dalam festival kali ini adalah UMKM Goes Global. Dalam sesi talk show UMKM Tenun Goes Digital Business Matching, Ayu memastikan bahwa NTT kini sudah jadi pusat peradaban Tenun Indonesia.

Ayu Azhari Berharap Tenun NTT Bisa Terkenal Ke Seluruh Mancanegara

”Kain tenun jadi anggota yang tidak terpisahkan di dalam kehidupan masyarakat NTT dan dunia,” tegas Ayu. Ayu terhitung mengaku bangga bisa jadi anggota di dalam mempromosikan kain tenun, di tempat yang terhadap era kolonial dikenal sebagai provinsi Sunda Kecil ini.

Budaya menenun sudah jadi etos perempuan Indonesia berasal dari era ke masa. Karenanya kita bisa jumpai banyak tenunan tradisional di beragam tempat Nusantara bersama dengan motif dan corak yang mencerminkan kreasi seni tenun yang tiada tandingannya di dunia.

”Sudah waktunya kita promosikan produk dan karya yang bervisi etnik layaknya tenunan ini. Saya menyadari produk tenunan lokal banyak digemari turis-turis mancanegara dikarenakan enak dipakai baik di dalam wujud sarung, baju maupun jadi topi dan wujud karya lainnya,” ujar istri Mike Tramp ini.

Ayu Azhari terhitung berharap pemerintah lebih-lebih Menpar dan ekonomi kreatif mesti mendorong mutu produk dan sustainable agar berkompetisi di dalam ekspor ke mancanegara bersama dengan utamakan kemampuan tradisi dan budaya yang tercermin berasal dari produk tenunan itu. Sehingga bisa jadi aset bangsa sekaligus magnet agar Indonesia unggul di era depan. Apalagi saat ini platform oerjudian sudah semakin mudah terakses semenjak adanya sbobet88 asia.

Ayu terhitung berharap Exotic Tenun Fest yang terjadi sepanjang tiga hari di Kupang NTT, akan mempunyai pergantian bagi perempuan bersama dengan pembinaan dan jiwa enterpreneur yang kuat.

”Sudah lama NTT jadi pusat dunia, tipe masyarakat yang religius,dengan mayoritas penganut agama yang taat, terhitung mempunyai pusat pendidikan Teologi yang terbaik, berkelas dunia di tanah Flores. Nah, modal ini bisa dikembangkan lebih lanjut berasal dari religious diplomacy kepada new global challenges di dalam UMKM Goes global itu,” kata Ayu. Ayu terhitung memastikan bahwa dirinya siap jadi duta budaya tenun NTT.

”Di samping itu, NTT ini punyai budaya tinggi, yang tercermin di dalam produk Tenun, jadi NTT adalah pusat peradaban tenun di Indonesia. Saya siap untuk jadi duta budaya mempromosikan karya tenun masyarakat Nusa Tenggara Timur,”ujar ibu enam anak ini.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *